Lenyapnya Bukti Sejarah Stasiun Pertama Indonesia

Peninggalan sejarah seharusnya wajib untuk dilestarikan dan dirawat dengan baik agar kelak cerita tentant kesejarahan sebuah Kota atau Negara tetap dikenang oleh anak cucu kita, akan tetapi berbeda halnya dengan Sebuah sejarah Stasiun Pertama di Indonesia yang didirikan di Kota Semarang ini. Sejarahnya sudah hilang digilas menjadi sebuah pemukiman penduduk.

Dulu terdapat sebuah sejarah kebanggaan kota Semarang yakni Stasiun pertama di Indonesia yang terletak di Kemijen - Semarang Timur - Jawa Tengah. Ditempat ini dulunya terdapan bangunan bernilai sejarah tinggi Stasiun Pertama yang ada di Indonesia namanya Stasiun Semarang atau Nederlands Indische Spoorweg Matschappij (NIS). Stasiun ini dibangun pada 17 Juni 1864 oleh Gubernur Jendral Hindia Belanda Baron Sloet Van Den Beele.

Pada awalnya distasiun tersebut dibangun jalan kereta dari Kemijen menuju Tanggung yang jaraknya 26 Km dan mulai beroprasi sebagai jalur angkutan umum pada tahun 1867

Pada tanggal 20 Januari 2015 tim Potrait Of Indonesia mengunjungi sebuah lokasi yang dulunya menjadi Stasiun NIS. Ramlan warga setempat adalah saksi hidup berdirinya Stasiun NIS. Pria 87 tahun ini bercerita, saat masih muda dulu dia bekerja menjadi pengawas kereta api di Depo Semarang-Gubang Surabaya dan setelah Pemerintah membangun Stasiun Tawang maka Stasiun NIS tidak beroprasi lagi. Setelah hal tersebut Ramlan dan rekan-rekan menggunakan bekas Stasiun NIS sebagai tempat tinggal.

Dia pun bercerita dengan polos, bahwa tempat yang ditinggalinya dulunya merupakan sebuah tempat yang digunakan untuk menjual karcis Stasiun NIS. Setelah berpuluh-puluh tahun berlalu Disekitar stasiun pertama ini tumbuh subur pemukiman warga bahkan rel kereta sebagai saksi sejarah pun sekarang sudah tidak tampak oleh pandangan mata. terpendam tanah dan sudah dipakai sebagai jalan bagi warga setempat.

Kini Ramlan pun ikut sedih, karena semua sisa kejayaan bersejarah Stasiun NIS sudah punah, hanya tinggal tempat yang ditinggali Ramlan yang dulunya sebagai Loket Karcis Stasiun NIS.

Related Posts:

Klik Iklan