Bolang-Baling dan Cakue Semarang

Bagi sebagian besar warka kota Semarang pasti tidak asing dan pernah menyantap jenis makanan yang satu ini, yaitu Bolang-Baling. Mungkin di kota lain banyak jenis yang menyerupai makanan ini, tp pada dasarnya berbeda. 

Seperti di Cilacap juga terdapat makanan serupa dengan Bolang-baling dengan nama Gelundeng dan di kota Medan disebut dengan sebutan Roti Bantal, dan setelah saya menikmatinya ternyata walau mempunyai bentuk yang sama akan tetapi memiliki jenis tekstur yang berbeda, pada roti bantal terasa lebih padat pada bagian tengahnya, sedangkan pada Bolang-Baling Semarang tengahnya terasa kosong.

Pada kebanyakan penjual Bolang-baling di semarang pasti juga menjual Cakue, dua pasang jenis roti khas semarang ini tidak bisa dipisahkan. Menurut sejarah yang penulis dengar, Cakue merupakan makanan asli dari tanah Tiongkok yang memiliki arti "Hantu yang digoreng" nama ini pun digunakan berdasarkan asal muasal makanan ini.

Tidak sulit untuk mendapatkan Bolang-baling dan Cakue Semarang di kota Lunpia ini, ada pedagang yang menjajakan makanan ini keliling dari kampung-ke kampung, dan ada juga sebagaian pedagang yang mangkal. Harganya pun cukup berfareasi dari 500,- hingga 3.000,-. Harga tersebut berdasarkan bahan adonan yang digunakan, semakin keatas harganya semakin jos gandos pula rasa dan ukurannya. 

Jika anda ingin dan penasaran menikmati makanan khas semarang yang satu ini anda bisa mendapatkannya di area Jl. Mataram, Jl, Pandanaran (Pusat oleh-oleh khas Semarang), Jl. Gang Lombok (Area Pecinan Semarang).



Related Posts:

Klik Iklan