Stasiun Tawang

Stasiun Tawang merupakan stasiun induk di kota Semarang yang melayani jalur kereta api eksekutif dan bisnis dan ekonomi.

Sejak perama kali dibangun, tidak banyak terjadi perubahan pada bangunan Stasiun Tawang ini. Stasiun Tawang ini merupak pengganti fungsi dari stasiun Tambak Sari milik N.I.S  yang pertama. Adapun pembangunan yang pertama ditandai dengan pencukilan tanah oleh Gubernur Jendral Baron Sloet , bersamaan dengan pembentukan system perangkutan kereta api milik N.I.S pada tanggal 16 Juni  1864  yang melayani jalur Semarang, Yogyakarta, Solo.

Setelah mengalami proses pembangunan yang tersendat-sendat, akhirnya jalur kereta api ini terselesaikan pada 10 Februari 1870. Dengan berkemban pesatnya perdagangan, maka stasiun ini (stasiun Tambak Sari) tidak memenuhi syarat lagi.Maka sejak itu, direncanakan pembuatan stasiun baru yang diarsiteki J.P de Bordes guna pembangunan Stasiun Tawang.

Setelah kemerdekaan Repoblik Indonesia dikumdangkan oleh Sukarno-Hatta, setasiun tawang ini diambil alih kepemilikannya oleh Pemerintah Daerah Kota Madya Semarang dan diganti nama menjadi Perusahan Jawatan Kereta Api (PJKA) Tawang.

Demi kelestariannya, hingga sekarang tidak ada perubahan bentu bangunan. 

Stasiun tawang sendiri menjadi tetengger yang penting bagi Kawasan Kota Lama. Pada jaman dahulu ada sumbu visual yang menghubungkan Stasiun ini dengan Gereja Blenduk. Sehingga peran stasiun ini bagi sangat penting bagi pembentukan citra kawasan kota lama. Sedangkan integritas type bangunan merupakan ruang kantor. Integritas sesinambungan fungsi yaitu sebagai bangunan pengangkutan masih terjaga dengan baik. Kaitan bangunan dengan sejarah yaitu pembangunannya ditujukan untuk menggantikan stasiun Tambak Sari di Pengapon, dengan perancang adalah JP Bordes. Selain itu kaitan bangunan dengan sejarah perangkutan milik NIS tidak kecil. Arsitekturnya unik, dengan ciri arsitektur Indische yang bahan untuk elemen dinding yang bermotif dan berwarna menjadikan bangunan ini sangat estetis. Dilihat dari segi lansekap kota, Stasiun Tawang menambahkan kualitas dan potensi dari ruang terbuka di kawasan tersebut.

Gambar
Stasiun Tawang Tempo Dulu




Related Posts:

Klik Iklan