Stasiun Poncol

Setelah beberapa hari yang lalu Media Semarang share tentang Bangunan Kuno Stasiun Tawang, maka tak lengkap jika Stasiun Poncol tidak di posting.

Stasiun Poncol salah satu hasil karya peninggalan arsitektur dari belanda yang bernama Hanry Maclaine  Pont, memang tidak bisa di pungkiri bahwa arsitek-arsitek dari Negeri Kincir Angin berkiprah dan perperan besar pada perkembangan arsitektur bangunan din Indonesia pada masa itu. Beberapa pentuk bangunan yang unik dan modern pun coba mereka tampilkan.

Keterkaitan bangunan dengan sejarah perkeretaapian di Semarang dan tokoh Maclaine Pont sebagai arsitek yang banyak jasanya dalam menonjolkan arsitektur Nusantara menambahkan arti penting bagi bagunan stasiun. Sebagai salah satu bangunan yang mewakili karya Maclaine Pont yang sedikit di Nusantara, bangunan Stasiun Poncol merupakan bangunan stasiun dengan kesinambungan fungsi yang masih dapat dilihat hingga kini.

Stasiun Semarang Poncol berada dalam Daerah Operasional 4 Semarang. Stasiun ini adalah salah satu dari dua stasiun kereta api di kota Semarang. Dua stasiun kereta api di kota Semarang yaitu Stasiun Semarang Poncol dan Stasiun Semarang Tawang.

Stasiun Poncol ini dibangun pada tahun 1914. Semula stasiun ini semula milik SCS (Semarang – Cheribon Stoomtram Maatschappij). Stasiun ini kini menjadi tempat berhentinya kereta api kelas ekonomi di kota Semarang. 


Related Posts:

Klik Iklan