Julukan Kota Semarang

Kota Semarang merupakan Ibu Kota Jawa tengah, dan masuk didalam jajaran kota metropolitan di Nusantara tepatnya pada urutan ke lima, setelah Bandung, Jakarta, Surabaya dan Medan.

Selain menjadi Ibu Kota Jawa Tengah. kota Semarang juga mendapatkan beberapa julukan. Antara lain :

  • Kota Lumpia. Lumpia adalah makanan khas Semarang yang terbuat dari dua alkuturasi budaya yaitu budaya China dan Jawa dengan citra rasa yang kondang seantero Nusantara, sehingga kota Semarang pun mendapat julikan Kota Lumpia.
  • Venetie Van Java. Kota Semarang dilalui oleh banyak sungai di tengah kota seperti di Venesia-Italia, sehingga Belanda memberi sebutan atau julukan tersebut.
  • Kota ATLAS. Semarang memiliki semboyan Kota Atlas kepanjangan dari Aman, Tertib, Lancar, Asri dan Sehat. Sebagai selogan pemelihara keindahan kota.
  • The Port of Java. Untuk kepentingan  pemasaran pariwisata, pemerintah kota semarang memberikan julukan The Port of Java "Pelabuhan Jawa".
  • Pada tahun 2009, atas wacana beberapa pihak, walikota Semarang setuju memberikan Julukan SPA "Semarang Pesona Asia", dfilakukan embangunan dimana-mana (perbaikan saluran, memperindah trotoar, taman dan penataan PKL).
  • Outstadtatau Little Netherlan. Berkat bangunan kuno peninggalan jaman Belanda yang bercirikan bangunan Khas Eropa. Semarang jyga mendapat julukan Little Netherlan khususnya kawasan kota lama.
Inilah beberapa sebutan lain dari Kota Semarang, semoga bermanfaat dan bisa menambah ilmu pengetahuan, untuk para pengunjung dan pembaca yang budiman.

Related Posts:

Klik Iklan