Gedung Marbunta

Sebagai salah satu Bangunan Kuno di kota Semarang, Gedung Marbunta memiliki ciri yang unik yaitu adanya patung semut raksasa yang berdiri gagah di atapnya. Sampai sekarang, tanggal berdirinya gedung ini belum dapat dipastikan. Akan tetapi, ada beberapa dugaan yang dapat dijadikan bahan pertimbangan . Pada tahun 1854 dikalangan masyarakat Eropa, berdiri sebuah pementasan yang berlangsung secara rutin sebulan sekali. Kemungkinan besar Marbunta sudah ada pada masa itu. Sistem dinding menyangga dan pasangan bata rollag diatas ambang pintu ini juga makin memperkuat dugaan tersebut.

Bagaimanapu, Gedung Marbunda mempunyai arti penting, dalam perkembangan seni pentas terrutama drama, tari dan musik di kota Semarang. 

Yang lebih menarik, bahwa gedung Marbunta ini pernah menjadi tempat pertunjukan seorang spionase cantik bernama Matahari, Pada awal kemerdekaan setelah tidak dipakai lagi sebagai gedung pertunjukkan, gedung ini ditempati oleh yayasan 45 yang anggotanya antara lain, Alm mantan Presiden Soeharto dan Alm Supardjo Roestam. Yayasan 45 ini sekarang berganti nama menjadi Yayasan Kodam.






Related Posts:

Klik Iklan