Gedung Keuangan Negara Semarang

Gedung Keuangan Negara Semarang ini dulu bernama Het Groote Huis atau Balai Kota.yang menggantikan peran dari gedung Staadhuist.

Karena bentuknya yang unik, dari keseluruhan bangunan berbentuk persegi panjang maka gedung inipun dinamakan dengan nama Gedung Papak. Selain, dulu difungsikan sebagai balai kota, Gedung Papak ini juga berfungsi sebagai kantor polisi dan kantor keresidenan Semarang dan keuangan dan ruang sidang yang diberinama Raad Van Justice dalam bahasa indonesia berarti Pengadilan Bagi Rakyat Eropa.

Tepatnya pada tanggal 30 November 1954 gedung Papak ini terbakar, kemudian dibentuklah gedung dengan bentuk seperti sekarang, dan fungsinya beralih menjadi Gedung Keuangan Negara.

Itulah sedikit informasi tentang Gedung Keuangan Negara Semarang, semoga dapat menambah wawasan bagi pembaca, sekaligus sebagai cara pelestarian Bagunan Bersejarah Kota Semarang dan Bangunan Kuno Semarang.

Adapun letak Gedung Keuangan Negara Semarang ini berada di Jl. Pemuda No. 2 Semarang, tepatnya sebelah Kantor POS Besar Semarang yang juga merupakan salah satu dari sekian banyak Bangunan Bersejarah di Semarang, dan termasuk dalam jajaran Gedung Kono Semarang.

Related Posts:

Klik Iklan