Curug 7 Bidadari

Curug 7 Bidadari adalah sebuah wisata air terjun yang terletak di lereng gunung Ungaran tepatnya berada di desa Keseneng, Kecamatan Sumowono. Kabupaten Semarang, jaraknya kurang lebih  9 Km dari tempat wisata Bandungan dan kurang lebih 7 Km dari Candi Gedung Songo.



Mengapa dinamakan Curug 7 Bidadari ?
Mau tau jawabanya...???

Dinamakan Curug 7 Bidadari karena, tempat ini mempunyai keunikan tersendiri pada jumplah curug nya, jumplah curug (air terjun) berjumplah tujuh dan terbentuk secara alami. 

Curug 7 Bidadari memiliki 3 tingkatan, pada tingkat pertama terdapat 1 air terjun. Pada tingkat kedua terdapat 2 air terjun, dan yang paling bawah ada 4 air terjun yang saling berdampingan. Jarak antara tingkat pertama ke tingkat kedua memiliki ketinggian sekitar 7 meter, sedangkan jarak tingkat kedua ke tingkat ketiga sekitar 6 meter. 

Air terjun ini hasil aliran alami dari Gunung Ungaran karena memang letaknya yang tidak berada jauh dari Gunung Ungaran. Suasana sekitar masih asri dan alami, karena berada di bawah tebing yang atasnya hutan dengan berbagai tanaman rimba. Sedangkan di sebelah timur terdapat hamparan sawah yang berbentuk terasering yang ditanami tanaman padi dan berbagai sayuran. 

Kedung Wali Di bagian atas curug ini terdapat sebuah kedung berukuran 70 cm dan kedalaman 60 cm yang airnya sangat jernih. Kedung ini diyakini oleh masyarakat sekitar sebagai tempat pemandian para bidadari. Menariknya, menurut masyarakat sekitar air dari kedung dapat membuat awet muda dan menyembuhkan berbagai macam penyakit. 
Keberadaan Kedung Wali ini oleh masyarakat sekitar dikaitkan dengan Kyai Mandhung, seorang pengikut pangeran Diponegoro yang menjadi tetua Dusun Keseneng dan dimakamkan tidak jauh dari komplek Curug & Bidadari. Untuk menuju tempat ini diperlukan waktu sekitar 1-1,5 jam dari kota Semarang. Sedangkan untuk memasuki Curug 7 Bidadari pengunjung akan dikenakan tiket masuk yang tergolong murah sebesar Rp 2.000 dan biaya parkir Rp 1.000.

Related Posts:

Klik Iklan