Masjid Besar Kauman Semarang

Selain Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT) yang menjadi icon kota Semarang, masih ada satu lagi masjid yang memiliki nilai sejarah bagi perkembangan agama Islam di Semarang, yaitu Masjid Besar Kauman Semarang.

Masjid Besar Kauman Semarang terletak Alun-alun barat No 11 Semarang di satu sisi, sedangkan sisi lain berada di jalan Kauman, orang Semarang menyebutnya Jerman (Jejer Kauman) hehehee "Just Kidding". Tepatnya paling barat Pasar Johar Semarang.

Masjid ini merupakan salah satu rangkaian sejarah pembangunan masjid di kota semarang, masjid pertama yang dibangun di Kota lunpia ini terletak didaerah Mugas yang didirikan oleh Kiayi Ageng Pandan Arang. Ketika belua melakukan hijrah di kota Semarang bagian bawah, ia mendirikan sebuah Kabupaten yang diberi nama Kabupaten Bubakan dan tak lupa mendirikan saran ibadah umat Islam yaitu Masjid Besar Kauman Semarang yang merupakan salah satu masjid paling besar.  Dan beliau pun akhirnya mengabadikan Kiayi Adipati Surohadimenggola II sebagai pendiri Masjid Besar Kauman Semarang ini.



Related Posts:

Klik Iklan