Gedung Marba

Sik... asik... sik... asik lihat dirimu (nyanyi)

lah... dalah, malah bernyanyi, temanya kan Gedung Kuno kok malah nyanyi... hehehe

Maaf pembaca, saking senangnya hingga lupa diri. Oke, kali ini kita akan bahas lagi tentang Bangunan Kuno dan so pastinya bersejarah Gedung Marba. Tahu ga kalian mengapa gedung ini diberinama Marba ? 

Menurut sejarahnya Gedung ini diberi nama Gedung Marba dikarenakan untuk mengenang jasa pendirinya yaitu MARTA BADJUNET, loh... loh... loh kok beda jauh ya. hehehe masih bingung ? Coba nama Marta Badjunet disingkat pasti akan menjadi MABRA. itulah sejarah singkat mengapa diberi nama tersebut.

Gedung Marba ini terletak di salah satu Sudut Kota Lama Semarang, tepatnya sih di sebarang Taman Sri Gunting di Jl. Letjend Suprapto No. 33 Semarang. Gedung Marba didirikan sekitar abad XIX dengan dua lantai dan tembal dinding 20 cm oleh Marta Badjunet seorang saudagar kaya dari negara Yaman.

Pada awalnya gedung ini digunakan sebagai kantor usaha pelayaran, Ekspedisi Muatan Kapal Laut (EMKL), selain itu juga digunakan sebagai toko modern di eranya, De Zeikel. Setelah pensiun perusahan pelayaran dipegang oleh anaknya Mr. Marzuki Bawasir, agak penulis sayangkan gedung kono yang eksotis dan bernilai sejarah ini sekarang tidak ada aktifitas, hanya digunakan sebagai gudang.

Related Posts:

Klik Iklan