Hutan Wisata TINJOMOYO

Pada sekitar tahun 2006, Hutan Wisata Tinjomoyo lebih dikenal oleh warga Semarang sebagai Kebun Binatang Tinjomoyo yang mana didalamnya terdapat beraneka ragam satwa.


Kebun binatang Tinjomoyo mulai sepi, dikarenakan banjir besar kali garang yang menyebabkan jembatan penghubung pintu masuk ke tempat wisata rusak parah, sehingga melumpuhkan kegiatan pariwisata di tempat ini, kondisi tanah sekitarnya pun menjadi labil dan mudah longsor, sehingga atas pertimbangan kedua hal tersbut Pemkot kota Semarang, memindahkan kebun binatang ke daerah baru dikawasan mangkang.



Kawasan Hutan Wisata Tinjomoyo yang merupakan perpaduan bukit, sungai dan hutan yang didominasi vegetasi hutan jati dan pinus memang sangatlah tepat jika dijadikan Hutan Wisata Alam.


Menurut pengakuan Mulyono, staf UPTD Hutan Wisata Tinjomoyo, kini lahan seluas seluas 57,5 hektare itu sering dimanfaatkan oleh masyarakat sebagai area combat game, camping ground, outing activity, birds watcing, outbond dan flying fox. Hal ini didukung dengan ketersedian lahan datar yang cukup luas dengan sungai di salah satu sisi yang sangat cocok untuk kegiatan susur sungai.

Hutan wisata Tinjomoyo ini terletak di  bagian selatan Kota Semarang kurang lebih 7 KM dari Tugumuda, Provinsi Jawa Tengah, Indonesia. Lebih tepatnya didepan kampus Unika Soegijapranata Semarang. Hutan wisata Tinjomoyo dapat dijangkau dengan kendaraan umum maupun kendaraan pribadi baik dari arah Sampangan maupun Jatingaleh.  Dan  kawasan wisata Tinjomoyo setiap hari dibuka untuk umum mulai jam 07.00 sampai jam 18.00 WIB. 

Related Posts:

Klik Iklan