Cara Mengurangi Resiko Dehidrasi Saat Puasa

Disaat menjalankan ibadah puasa, tubuh kita akan mengalami kekurangan asupan cairan kurang lebih dalam kurun waktu 10 jam. Asupan cairan tubuh kita hanya didapat ketika kita makan sahur dan saat berbuka puasa, karena minimnya asupan cairan kedalam tubuh maka hal ini sangat rentan mengakibatkan dehidrasi, teruama bagi pekerja keras di luar lapangan disaat suhu panas begitu terik.

Dehidrasi sendiri terjadi karena hilangnya cairan tubuh yg ada didalam tubuh kita, karena telah terpakai disaat kita melakukan aktivitas. Dilansir dari beberapa sumber, inilah beberapa ara untuk mengurangi dehidrasi disaat menjalankan ibadah Puasa.

  • Konsumsi Sup saat Santap Sahur
    Sup merupakan salah satu makanan yang sangat baik dikonsumsi saat kita santap sahur, menu ini sangat efektif untuk mencegah dehidrasi disaat kita berpuasa, karena pada sup sangat mengandung banyak air. Selain itu, sayuran yang terkandung didalam sup juga mengandung mineral yang tinggi
  • Tambahkanlan Sepotong Lemon didalam Minuman anda
    Mengonsumsi 2 liter air atau 8 gelas dalam sehari dapat membantu mencegah Dehidrasi, tetapi saat sahur kita tidak bisa memenuhi kebutuhan tersebut, maka untuk menyiasatinya tambahkan lemon pada minuman anda, selain untuk menyiasati hal tersebut diatas, lemon juga akan menambah aroma segar pada minuman anda.
  • Perbanyak Konsumsi Buah dan Sayuran
    Ahli gizi sangat menyarankan untuk memperbanyak konsumsi buah dan sayuran di saat menjalankan ibadah puasa. Karena dengan memperbanyak konsumsi sayuran dan buah akan memperbanyak tubuh menyimpan cairan dan meniral yangsangat berguna untuk mencegah terjadinya dehidrasi. Pilihlah buah yang banyak mengandung cairan, seperti melon atau semangka.
  • Kurangi Aktivitas diluar Lapangan
    Sebisa mungkin jika tidak begitu mendesak, kurangi aktifitas di luar ruang apalagi jika cuaca sangat terik. Karena hal ini menuntut tubuh kita untuk mengeluarkan cairan didalam tubuh, sedangkan asupan cairan sangat minim sekali.
Semoga tips diatas dapat membantu anda terhindarkan dari dehidrasi disaat menjalankan Ibadah Puasa. "SELAMAT MENUNAIKAN IBADAH PUASA"

Related Posts:

Klik Iklan