Tips Menghemat BBM Kendaraan

Secara Resmi telah diumumkan oleh pemerintah bahwa harga BBM Premium yang semula Rp. 4.500,- menjadi Rp. 6.500,- dengan telah resminya kenaikan harga BBM secara otomatis pengeluaran kita juga akan semakin meningkat.

Salah satu cara penghematan pengeluaran disaat harga BBM melambung seperti ini, bisa dimulai dengan Penghematan Konsumsi Bahan Bakar Minyak (BBM) itu sendiri, setidaknya dengan penghematan ini kita bisa sedikit menyisakan uang untuk biaya hidup yang lain.

Pada tulisan kali ini, Media Semarang tidak akan membahas kenapa Harga BBM naik ? tetapi akan mengajak untuk menghemat konsumsi bahan bakar setiap hari. Berikut ini tips-tips untuk menghemat BBM Kendaraan.

  • Usahakan Berangkat Kerja, Kantor, atau sekolah lebih awal
    Berangkat kerja, ke kantor, dan berangkat sekolah lebih awal dimaksudkan agar kita terhindar dari kemacetan yang bisa menguras BBM kendaraan kita, karena dalam keadaan macet  Bahan Bakar Minyak yg dibutuhkan oleh kendaraan bermotor untuk pembakaran lebih banyak dibandingkan dalam keaadaan jalan lancar. Selain itu dampak pada pribadi, kita akan merasakan lebih santai dan fresh saat kita berada di kantor atau Sekolahan, silahkan anda coba dan rasakan sendiri, kareena penulis sudah mencobanya.
  • Jangan Sering Memainkan Gas kendaraan
    Buka tutup gas yang sering (Bleyer istilah Semarang) akan berdampak pada borosnya pemakaian BBM pada kendaraan anda, usahakan Bleyer kendaraan senatural mungkin.
  • Panasi Kendaraan Anda Seperlunya
    Memang sih memanasi kendaraan bermotor sebelum digunakan adalah salah satu cara untuk merawat mesin kendaraan, tetapi jika memanasi kendaraan itu berlebihan maka akan banyak bahan bakar yang terbuang sia-sia dan berdampak pada konsumsi BBM anda, Cukup panasi kendaraan 2-3 menit untuk memanasi ruang bakar besin.
  • Cek Tekanan Udara pada Ban Anda
    Hal ini sangat penting untuk diperhatikan, karena tekanan udara pada ban yang kurang akan mempengaruhi gaya gesek Ban kendaraan anda dengan aspal. Gaya gesek yang semakin besar akan berbanding lurus dengantenaga yang dibutuhkan. Dengan besarnya tenaga kendaraan maka semakin banyak juga bahan bakar yang dibutuhkan. Dengan menjaga tekanan udara pada Ban kendaraan berguna sebagai satu langkah penghematan BBM, hal ini juga sebagai salah satu cara untuk menjaga usia Ban anda lebih lama atau awet.
  • Matikan Mesin Kendaraan Saat berada di Traffic LightPada era sekarang sudah banyak traffic Ligft yang sudah dilengkapi dengan Penunjuk waktu lama menunggu "timmer". Jika waktu menunggu masih lama, alangkah baiknya anda mematikan mesin kendaraan anda, nyalakan lagi jika waktu sudah menyisakan 10 detik.
  • Jagalah Kecepatan Kendaraan Anda
    Bila dalam keaadaan yang tidak mendesak kurangilah kecepatan kendaraan anda, lakukan econo riding 40-60 Km/Jam. Karena semakin cepat kendaraan dilaju, semakin deras juga aliran bahan bakar yang digunakan.
  • Perhatikan Perawatan Mesin Kendaraan secara Berkala
    Perlu diingat, kinerja mesin yang kurang sempurna yang diakibatkan karena anda kurang memperhatikan perawatan kendaraan secara berkala, selain mengakibatkan pemakaian Bahan bahkar meningkat juga akan meningkatkan polusi udara
Itulah beberapa Tips Menghemat BBM kendaraan Bermotor, Semoga bermanfaat bagi para pembaca.

Related Posts:

Klik Iklan