Taman Srigunting (Parade Plain)

Taman Srigunting merupakan trandmark Kota Lama pada masa kependudukan belanda di kota Semarang. Taman ini berbentuk Parade Plain yang dibangun dengan tujuan sebagai panggung parade, yang saat ini menjadi sebuah taman di ruang terbuka. 

Taman ini merupakan satu-satunya taman yang terletak di tengah-tengah kota lama sekarang berada di Jl. Letjen Suprapto No. 32 (kawasan kota lama) Semarang.

Pada jaman dahulu, taman ini berfungsi sebagai tempat latihan baris-berbaris para serdadi Belanda. Bentuk taman Srigunting berupa persegi yang di setiap sisinya panjang 39 39 meter, ruang tamannya berbentuk cross dipusat ruang, dengan lampu taman setinggi 12 meter berjumlah 4 buah sebagai pusatnya, axis taman berkarakter tegas berupa 4 jalur sisi sirkulasi.

Taman peninggalan kolonial Belanda ini sudah mengalami renovasi beberapa kali demi kelestariannya. Pada tahun 2001 penataan taman Srigunting dikembalikan pada fungsi rekreatif, taman inipun telah disulap berubah menjadi Open Space (ruang terbuka) yang sebelumnya taman ini merupakan taman pasif.

Setelah dilakukan penataan, taman yang semula berbentuk berbukit ini, diratakan kembali, dan pada tahun 2004 taman Srigunting mengalami renovasi kembali. Pada renovasi kali ini dibuat jalan masuk pada masing-masing sisi, sehingga terdapat 4 jalan masuk, pada pusat pertemuan jalan masuk berada di pusat taman yang sudah didirikan satu tiang lampu yang bercabang 4 sebagai penerang taman. 

Di taman Srigunting juga didirikan plaza yang bisa digunakan pengunjung untuk bermain, berwisata atau kegiatan lainnya.

Jika anda berkunjung disini, suasana mirip dengan keadaan di Eropa era 1900-an.

Related Posts:

Klik Iklan