Candi Ngempon

Asing juga namanya, bukan hanya anda saja yang bukan asli Semarang,  bahkan yang sangat mengejutkan tida sedikit warga kota lunpia yang mengetahui keberadaan Candi Ngempon dibanding dengan nama besar Candi Gedung Songo, atau bahkan Candi Tugu "Situs Tugu".


Candi Ngempon sendiri terletak di Kelurahan Ngempon, Kecamatan Bergas, Kabupaten Semarang. Candi ini terletak disisi lembah dengan aliran sungai yang cukup deras, ditemukan pertamakali oleh seroang petani yang bernama Kasri pada tahun 1952, dan dinamakan Candi Ngempon dikarenakan letak keberadaan candi tersebut berada di Kelurahan Ngempon.

Candi Ngempon adalah candi hindu, terdiri dari empat buah candi dengan ukuran sedang dalam satu area, bentuknya pun juga identik seperti candi-candi hindu lainnya. Candi ini memiliki bilik kecil sebagai tempat sesaji. Kata penduduk setempat, candi ini masih difungsikan sebagai tempat ziarah bagi umat hindu, khususnya pada hari Galungan.


Di kawasan Candi Ngempon ini juga terdapat sumber air panas yang diberi nama “Petirtaan Derekan”. Disebut demikian sebab letaknya yang secara administratif ikut Kel. Derekan. Untuk bisa sampai ke sana, anda harus berjalan menyusuri jembatan besi yang membelah sungai terlebih dahulu, sebab letaknya di sisi lembah yang berseberangan dengan candi. Konon, dulu petirtaan ini dipakai oleh umat hindu untuk mensucikan diri sebelum melakukan sembahyang ke candi. Dan kini, oleh masyarakat, petirtaan tersebut telah dialihfungsikan menjadi kolam pemandian. Petirtaan ini juga dipercaya mampu mengobati berbagai macam penyakit. Anda cukup merogoh kocek sebesar Rp.2000 saja untuk bisa mandi di sana.



Bukan hanya candi dan pemandian air panas, kawasan wisata yang dikelola oleh warga setempat ini juga menyediakan kolam pemancingan, tempat Karaoke, anda tentu bisa membayangkan sendiri seperti apa kesejukan udaranya.

Related Posts:

Klik Iklan