Tips Berkendara Saat Hujan

Musim penghujan mulai melanda kita, terkadang hujan pun tidak bisa diperkirakan. Banyak sekali kecelakaan di musim penghujan diakibatkan oleh kelalaian pengemudi tersendiri, karena mereka tidak memperhatikan keadaan kendaraannya saat akan di kemudikan di musim penghujan.


Untuk anda yang akan bepergian dengan mengemudikan kendaraan sendiri, hati-hatilah, karena dalam keadaan hujan, kondisi jalan lebih licin dibanding sebelumnya, ini lah beberapa Tips Berkendara Saat Hujan :
  1. Periksalah semua lampu kendaraan anda, apakah sudah berfungsi dengan baik supaya lampu tersebut dapat membantu anda jika jarak pandang mata terbatas. Nyalakan lampu saat hujan, karena lampu bisa membantu pengendara lain melihat kendaraan anda.
  2. Periksalah kondisi tekanan angin dalam ban dan alur ban anda. Karena kondisi angin yang cukup dan alur ban yang baik akan menghindari kendaraan anda melayang dari air (aquaplaning) dan tergelincir (slip) pada saat hujan. Jangan mengambil resiko dengan menggunakan ban yang sudah tipis disaat berkendara.
  3. Periksa kondisi kontrol utama kendaraan yaitu ; kemudi, pedal rem, gas dan kopling, apakah sudah dalam keadaan baik dan layak pakai untuk mengantisipasi kesalahan orang lain yang menyebabkan kecelakaan.
  4. Pergunakan alas kaki yang tidak licin dan tahan air di saat anda mengemudikan kendaraan (terutama kendaraan roda dua).
  5. Untuk pengendara roda dua, gunakanlah Jas Hujan yang berbentuk jaket dan celana, karena Jas Hujan bentuk ini lebih aman dibanding yang berbentuk ponco/kelelawar.
  6. Kurangi dan jaga kecepatan laju anda, Karena dengan mengemudikan kendaraan dengan kecepatan rendah, akan membuat alur ban anda lebih sering bersentuhan dengan jalan dan akan membuat daya cengkram ban lebih baik.
  7. Jaga jarak aman kendaraan anda dengan kendaraan lain. Jarena pada saat kondisi hujan, jarak pengereman lebih jauh dibanding pada saat kering.
  8. Jangan sembarangan menerobos genangan air !!! karena kita tidak akan tahu seberapa dalam genangan air tersebut.
  9. Jika anda terjebak banjir dan kendaraan anda mogok karena air masuk kedalam pembuangan kendaraan, usahakan jangan menghidupkan mesin kembali. Lebih baik anda dorong ketempat yang aman, karena dikhawatirkan system perapian anda akan mengalami konsleting yang akan mengakibatkan kendaraan anda terbakar.
  10. Jika saat anda mengemudi menemukan ada pohon tumbang, salahkan Hub. Satlantas setempat. Untuk Satlantas kota Semarang silahkan Hub. 024-3547257.
Semoga Tips Berkendara Saat Hujan ini bermanfaat bagi anda, 
keselamatan berkendara ada di tangan pengendara.

Related Posts:

Klik Iklan