Ganjel Rel

Ganjel Rel, ini dia satu lagi makanan khas semarang, meskipun namanya agak menyeramkan. Ganjel rel adalah semacam "kue padat dan legit" .

kue ganjal rel khas Semarang bercitarasa legit dan beraroma kayu manis. Tentu, karena kudapan tersebut diolah dengan bahan-bahan makanan bukan berasal dari besi, baja, atau kayu sebagaimana ganjal rel kereta api. hehehehe...



Bentuk kue Ganjel Rel sebenarnya  sangat mirip dengan bentuk roti khas Prancis, yang biasanya berbentuk panjang dan bertekstur padat keras. Tahu tidak anda kalau ternyata bentuk tekstur yang panjang ini menurut para ahli roti, kalau roti Ganjel Rel sangat baik bagi pencernaan. Dikarenakan roti ini mengandung banyak serat dan sangat baik buat sarapan, apalagi jika di tambah dengan minum susu di musim hujan seperti ini, terasa "Mak Nyossss..!!!".

Ganjel rel atau yang biasa disebut kue gambang yang selalu menjadi rebutan masyarakat Kota Semarang saat perayaan Dugderan. Momen pembagian kue ganjel rel ditengah tradisi menjelang Ramadan menjadi acara yang dinanti warga. Ribuan warga bahkan rela berdesakkan untuk memperoleh kue tersebut, karena dipercaya mampu memperkuat diri ketika menjalankan ibadah puasa. Berikut resep tradisonal kue ganjel rel.

Related Posts:

Klik Iklan