Ba'do Gablok

Satu lagi tradisi dan budaya asal kota Semarang yang akan Media Semarang Share, Yaitu Ba'do Gablok.

Ba'do Gablok adalah suatu upacara budaya yang biasa diselanggarakan oleh masyarakat kota Semarang tepatnya di daerah Sodong-Mijen-Semarang. Upacara budaya ini merupakan sebuah upacara adat tahunan bagi masyarakat sekitar, yang biasanya diadakan pada tanggal 6 Syawal tepat dengan jatuhnya Lebaran Ketupat (orang semarang menyebutnya).

Bagi masyarakan Mijen kota Semarang, Ba'do Gablok merupakan sebuah upacara ritual yang diselenggarakan untuk memohon keberkahan, keselamatan, dijauhkan dari mala petaka kepada Tuhan Yang Maha Kuasa dengan cara membawa sesaji Gablok (nasi ketupat).


Gablok (nasi ketupat) di dapat dari warga sekitar. Biasanya sebelum upacara dimulai panitia penyelenggara Upacara Adat Ba'do Gablok keliling dor to dor untuk mengumpulkan nasi gablok dari masyarakat sekitar seblum dibawa sebagai sesaji dan dibacakan do'a.

Ba'do Gablok merupakan Upacara Adat multi fungsi, selain ditujukan untuk meminta berkah kepada sang Pencipta, juga mengajarkan kerukunan hidup bersama. Karena setelah nasi Gablok tersebut di bacakan do'a. Masyarakan pun menikmatinya dengan cara makan bersama di tempat upacara tersebut diadakan.


Related Posts:

Klik Iklan