Candi GEDUNG SONGO

Candi Gedong Songo merupakan sebuah Obyek wisata Kabupaten Semarang terletak di lereng Gunung Ungaran, tepatnya di Dusun Darum, Desa Candi, Kecamatan Ambarawa, Kabupaten Semarang. Candi Gedong Songo ini dibangun pada abad ke-9 Masehi pada masa Dinasti Syailendra. Pemberian nama Gedung Songo sendiri berasal dari bahasa jawa. Gedong berarti bangunan sedangkan Songo berarti sembilan. Jadi Candi Gedong Songo kurang lebih mempunyai arti bangunan candi yang berjumlah sembilan.




Utk menaklukan Kompleks Candi Gedong Songo, merupakan tantangan tersendiri karena harus melewati tanjakan curam dan tikungan tajam. Namun perjuangan menembus medan yang berat akan sebanding dengan keindahan yang didapatkan. Dari pintu gerbang sudah terlihat kompleks candi yang berdiri dengan anggun dan megah di lereng gunung, berderet-deret dari bawah hingga atas. Aroma tanah basah, rumput yang habis dipotong, getah pinus, semerbak wangi bunga liar, dan udara sejuk pegunungan memberikan sensasi tersendiri. Cahaya matahari yang menerobos turun melewati celah pucuk-pucuk pinus dan menyinari bangunan candi menjadi lukisan pagi yang sempurna.

Numpang Narsis GAN

Sebelum dinamakan Gedong Sembilan, kompleks percandian ini bernama Gedong Pitoe, karena saat pertama kali ditemukan hanya ada tujuh kelompok bangunan. Setelah ada penemuan dua kompleks baru, candi pun dinamai Candi Gedong Songo yang berarti sembilan kompleks bangunan. Namun saat ini yang bisa dilihat oleh wisatawan hanyalah lima kompleks, sebab empat kompleks lainnya tinggal puing-puing dan sudah diamankan oleh Dinas Purbakala. Untuk menikmati keseluruhan bangunan candi ada dua cara yang bisa ditempuh, yang pertama adalah berjalan kaki sepanjang 4 km menyusuri jalan berbatu mulai dari Candi Gedong I hingga Candi Gedong V, atau menunggang kuda dengan rute sebaliknya. YogYES pun memilih untuk menunggang kuda dan memulai petualangan dari Candi Gedong V yang terletak di puncak tertinggi dengan sebutan Puncak Nirwana.


Awalnya sempat gamang ketika harus berjalan membelah hutan dengan jalan yang terjal dan berkelok. Tapi kegamangan itu segera sirna saat kami mulai melangkah menyusuri jalan, sebuah pengorbanan demi menikmati Eksotisme CANDI Gedung Songo, alhasil dan tak sia-sia dari ketinggian Candi Gedong V, saya melayangkan pandangan ke seluruh penjuru dan terlihat gugusan pegunungan Sindoro, Sumbing, Merbabu, dan Telomoyo. Saat menuju ke Candi Gedong IV, mendadak matahari tertutup awan dan kabut mulai merayap turun. Bau belerang yang berasal dari sumber air panas yang terletak di antara Candi Gedong IV dan Gedong III pun mulai tercium. Sejenak saya merasa terlempar ke sebuah negeri antah berantah di mana semuanya serba misterius dan sunyi, namun memberikan kedamaian yang abadi. kwkwkwk terlalu men-Dramalisir " korban Sinetron mungkin".

Pokok-nya ga akan rugi berkunjung ke sini, walau sampai rumah harus mengeluarkan biaya lagi untuk pijat,,, hehehehe...

Ahaiii.. ada yg lupa, sekedar Info bagi yang ingin Berlibur ke CANDI Gedung Songo :

Jarak tempuh

Untuk menempuhnya, diperlukan perjalanan sekitar 40 menit dari Kota Ambarawa dengan jalanan yang naik, dan kemiringannya sangat tajam (rata-rata mencapai 40 derajat). Lokasi candi juga dapat ditempuh dalam waktu 10 menit dari obyek wisata Bandungan. Berikut daftar jarak tempuh menuju candi ini.
  • Gedong Songo - Ungaran : 25 km
  • Gedong Songo - Ambarawa : 15 km
  • Gedong Songo - Semarang : 45 km
Harga Tiket:
  • Tiket masuk obyek wisata Wisatawan Domestik Rp. 5.000 Hari Libur (Besar) Rp. 7.500
  • Tiket masuk Obyek wisata Wisatawan Asing Rp. 50.000
  • Tarif berkuda paket Candi Gedong Songo:
    Wisatawan domestik Rp 50.000
    Wisatawan mancanegara Rp. 70.000
  • Tarif berkuda paket wisata desa:
    Wisatawan domestik Rp 25.000
    Wisatawan mancanegara Rp. 35.000
  • Tarif berkuda ke sumber air panas:
    Wisatawan domestik Rp 40.000
    Wisatawan mancanegara Rp. 60.000

BACA JUGA yang Lebih Menarik :

2 komentar:

Info Kesehatan Indonesia mengatakan...

Sungguh indah pemandangannya di daerah Candi Gedung Songo. Hebat pula orang zaman dahulu membuat bangunan seperti itu.

Karash High Reach mengatakan...

Bila Anda membutuhkan jasa inspeksi - instalasi - dan perawatan tempat-tempat yang sulit dijangkau. Seperti, gedung, menara komunikasi, cerobong, konstruksi jembatan, maupun rig lepas pantai. Dengan teknik Rope Acces bisa menjangkau kemanapun, terbukti aman, efisien dalam waktu dan biaya.
Menerima seluruh wilayah di Indonesia.

http://karashighreach.blogspot.com/

Poskan Komentar

Silahkan Beri komentar disini. Sebuah komentar dari anda merupakan penghargaan kepada penulis yang tak ternilai harganya. Dan Jangan Lupa KLIK G+ (Google +)

 

Media Semarang Copyright © 2012-2013 | Powered by Blogger INDONESIA