Mencegah Penyakit Utama Musim Hujan

Akhir-akhir ini cuaca memang sukar diprediksi. Paduan antara hujan, angin, panas yang sangat menyengat sering terjadi dalam satu hari sekaligus. Tidak heran banyak diantara kita yang kemudian menjadi sakit karena tubuh kita didera suhu dan cuaca yang terus dan mudah sekali berubah, Lantas apa yang bisa kita lakukan ? Apakah ada Tips Mencegah Penyakit Utama Musim Hujan?


Musim hujan datang lagi, sudah dimulai sejak beberapa hari lalu. Kedatangannya sungguh tidak dapat di duga dan disangka. Pagi hari sampai siang hari cuaca sangat terik, setelah melewati siang cuaca disambut dengan angin yang dingin, dan sedikit berawan, lalu di sambut dengan gerimis dan kemudia hujan.

Hujan dapat memberikan kesejukan bagi alam dan lingkungan sekitarnya, dapat membawa kesegaran bagi tumbuhan yang sudah layu menjadi berkembang dan berbunga, tetapi apakah ada dampaknya jika hujan terlalu lama?? tentu saja, dampaknya bisa menyebabkan banjir dan banjir dapat mengakibatkan timbulnya berbagai jenis penyakit.

Di beberapa daerah di Indonesia mungkin harus kembali bersiap menghadapi curah hujan yang sangat tinggi sehingga menyebabkan banjir, seperti yang dialami kota Jakarta beberapa waktu lalu. Di samping banjir, beberapa penyakit juga akan tumbuh subur di musim hujan, seperti influenza atau flu, demam berdarah, dan diare. Jadi sudah siapkah kita melakukan pencegahan dari penyakit utama musim hujan tersebut ? Ingin tahu tips sederhana menghindari penyakit musiman tersebut ?

Berikut ini adalah beberapa tips yang mudah dijalankan agar terhindar dari penyakit-penyakit yang kerap menghampiri kita pada musim penghujan.

1. Pencegahan Flu
  • Karena sebagian virus flu menyebar lewat kontak langsung, usahakan sebelum memegang makanan atau setelah memegang alat atau benda lain mencuci tanganmenggunakan sabun dan kalau bisa dengan air hangat. Usahakan untuk tidak terlalu sering menyentuh bagian muka, karena biasanya virus flu masuk ke tubuh kita lewat mata, hidung atau mulut.
  • Mengonsumsi makanan yang bergizi, khususnya makanan yang mengandungPhytochemical (bahan kimia alami untuk menambah daya tahan tubuh yang terdapat pada sayur dan buah-buahan terutama yang segar dan berwarna hijau, merah dan kuning gelap). Atau bisa juga berbagai suplemen makanan yang banyak dijual di pasaran misalnya yang mengandung vitamin C.
2. Pencegahan Demam Berdarah
  • Selalu menjaga kebersihan dengan cara membersihkan selokan, bak-bak air tadah hujan maupun kamar mandi, membuang sampah pada tempatnya, menyiangi kebun untuk menghindari berkembang biaknya nyamuk aedes aegepti.
  • Usir nyamuk dengan obat nyamuk, atau tidur menggunakan kelambu.
  • Jangan membuang sampah sembarangan yang mengakibatkan genangan air sehingga dijadikan tempat bertelur Nyamuk penyebar Virus Demam Berdarah.
3. Pencegahan Diare
  • Selalu menjaga kebersihan dengan cara membersihkan selokan terutama yang tersumbat dan biasanya meluap serta membawa parasit cacing dan amuba, membuang sampah pada tempatnya, membiasakan untuk mencuci tangan dan kaki sesering mungkin.
  • Kenakan alas kaki untuk mencegah penyebaran kotoran atau parasit yang masuk lewat kulit.
  • Hindari membeli makanan atau minuman di sembarang tempat.
  • Perbanyak minum vitamin dan asupan nutrisi untuk menjaga kondisi tubuh.
  • Sediakan selalu oralit di rumah.
Dan jangan lupa untuk selalu menyiapkan obat-obatan ringan di rumah, untuk mencegah hal-hal yang tidak kita inginkan.

Sekarang, sudahkah Shobat mempersiapkan pencegahan dari penyakit utama musim penghujan di atas ? mari kita waspada dan gerak cepat, jadi kita harus sedia payung sebelum hujan.

Tapi teman jangan lupa ya, hujan dan banjir adalah anugrah yang diturunkan oleh Allah SWT, janganlah kita ngedumel, justru kita harus mensyukuri rahmat tersebut….
jika sampai terjadi banjir karena hujan yang tidak berhenti, cobalah bertanya pada lingkungan, apakah kita sudah berbuat ramah terhadap lingkungan??? jika kita sudah berbuat ramah terhadap lingkungan, tidak mungkin terjadi banjir….bukan begitu teman????? betul…betul…betul…. (ladalah malah Upin & Ipin ikut nongol di postingan ini hehehehee)
=============================

Semoga tips ini bermanfaat untuk teman-teman, tips menghadapi musim hujan :

Musim hujan sudah datang. Selain sedia payung masih banyak yang harus disiapkan agar musim hujan ini tidak mengganggu aktifitas kita.

Payung merupakan alat yang wajib di bawa ketika musim hujan tiba. Jangan sampai aktifitas Anda terganggu karena tidak membawa payung. keringkan dan bersihkan saat sudah selesai menggunakannya.

Jas hujan juga merupakan alat yang harus dibawa untuk teman-teman yang aktivitasnya di luar ruangan dan menggunakan kendaraan roda dua. simpanlah selalu jas hujan di bagasi kendaraan atau sertakan ke dalam tas bawaan. jangan lupa untuk mengeringkan dan membersihkan setelah menggunakannya kemudian di lipat kembali.

Jangan lupa membawa jaket untuk berjaga-jaga. Tentunya suhu udara akan turun drastis saat musim hujan. Terlebih lagi saat Anda di kantor, suhu AC akan semakin menusuk tulang di saat hujan tiba.

Jagalah kesehatan Anda pada musim hujan karena penyakit seperti flu, batuk, hingga demam kerap menjadi penyakit yang datang pada musim hujan. Minumlah vitamin agar Anda tetap fit.

Selain itu jagalah tubuh dengan tidak memforsir tubuh kita. Kelelahan sering menjadi salah satu faktor untuk jatuh sakit. Perbanyak minum air hangat untuk melawan suhu dingin, misalnya wedang jahe, wedang Tahu, kopi, teh…. kalau tidak ada cukup air hangat air putih aja.


Lebih Baik Mencegah dari pada Mengobati.


Semoga Tips Mencegah Penyakit Utama di Musim Penghujan dan Tips Menghadapi Musim Penghujan ini dapat bermanfaat bagi kawan semua.

Related Posts:

Klik Iklan