Lawang Sewu Semarang

Lawang Sewu Semarang merupakan salah satu tempat wisata bersejarah yang tak kalah asyik tuk dikunjungi. Kenapa tempat wisata bersejarah ini di beri nama Lawang Sewu ? Penamaan ini diberikan oleh masyarakat sekitar lantaran gedung bersejarah  ini memilik banyak pintu. Tak diketahui pasti berapa tepatnya pintu yang terdapat di bangunan bekas kantor Nederlands-Indische Spoorweg Maatschappij atau NIS ini. Lawang Sewu dalam Bahasa Inggrisnya sih Pintu Seribu, eh salah maksudnya dalam bahasa Indonesia.
Pamor Lawang Sewu Semarang mulai menonjol ketika dijadikan salah satu tempat syuting Uji Nyali yang dipandu oleh Herry Panca, salah satu tayangan televisi nasional. Gedung Lawang Sewu ini dianggap mempunyai kekuatan mistis dan angker oleh masyarakat sekitar.
Meski mempunyai pamor angker, bukan berarti gedung lawang sewu ini tak layak dikunjungi. Ornamen-ornamen bangunan tersebut masih orisinal, termasuk sebuah hiasan kaca patri di salah satu bagian bangunan bekas peninggalan zaman Belanda dahulu. Lawang Sewu dibangun pada tahun 1903 dan selesai pada tahun 1907. Terletak di bundaran Tugu Muda yang dahulu disebut Wilhelmina Plein.
Setelah masa Kemerdekaan Indonesia, gedung ini pernah dipakai untuk kantor Jawatan Kereta Api Indonesia (DKARI). Karena nilai historis yang dimilikinya, Lawang Sewu oleh pemerintah kota dijadikan sebagai salah satu dari 102 bangunan kuno yang harus dilindungi.
Nah, jika Anda berencana mengunjungi Kota Semarang, ada baiknya singgah di Gedung Bersejarah Lawang Sewu. Dijamin, Anda bisa berkesempatan menjelajah sebuah peradaban yang belum pernah Anda singgahi sebelumnya.










Related Posts:

Klik Iklan