Klenteng Sam Poo Kong

Klenteng Sam Poo Kong atau lebih dikenal dengan sebutan Klenteng Gang Batu oleh warga sekitar ini terletak di daerah Simongan.

Kenapa Klenteng Sam Poo Kong lebih dikenal dengan sebutan Klenteng Gang Batu oleh Warga Semarang ? Jawabnya : Karena di dalam Klenteng Sam Poo Kong ini terdapat Gua Batu besar, yang dipercaya sebagai tempat Awal mendaratnya dan markas Laksamana Cheng Ho di kenal juga dengan nama Sam Poo Tay Djien bersama anak buahnya saat berkunjung di pulau Jawa.

Laksamana Cheng Ho ini berasal dari Tiongkok dan berlayar dengan armada sebanyak 200 kapal beserta awak kapal sebanyak 2700 orang demi sebuah misi perdamaian Asia dan Afrika. Di tengah perjalanan dia temukan banyak anak buahnya yang sakit, akhirna Cheng Ho memutuskan berlabuh dan singgah disebuah desa, dan desa tersebut sekarang bernama Simongan. Di desa inilah Laksamana Ceng Ho menemukan sebuah gua batu yang akhirnya ia gunakan sebagai tempat bersemedi dan beribadah, dan ia pun akhirnya memutuskan untuk sementara waktu menetap ditempat tersebut menunggu hingga awak kapal yang sakit sembuh. 

Pada saat itu belum ada obat, apalagi Apotek, rumah sakit Dr. Karyadi juga belum dibangun makannya Laksamana Cheng Ho mengobati awak kapalnya dengan obat tradisional yaitu berupa daun-daunan yang didapat disekitar tempat tersebut. Dan karena begitu lamanya proses penyembuhan tersebut akhirnya tak sedikit pula awak kapalnya yang menikah dengan penduduk asli sekitar. 

Saat menetap di desa Simongan, Laksamana Cheng Ho banyak sekali mengajarkan cara bercocok tanam dan juga Ilmu Budi Pekerti kepada penduduk asli setempat. Setelah awak kapalnya sudah pulih Laksamana Cheng Ho kembali meneruskan perjalanan, dan untuk menghormati jasa Cheng Ho maka dibangunlah Kuil ini.

Itulah sekilas sejarah tentang Kleneng Sam Poo Kong dan Laksamana Cheng Ho.

Yang menarik di klenteng Sam Poo Kong ini dan sering dikunjungi para peziarah adalah :
  1. Tempat Pemujaan Dewa Bumi, tempat pemujaan ini adalah yempat untuk mengucapkan terimakasih atau memohon berkah kepada dewa yang menguasai bumi. hehehehee jadi teringat Film Sun Go Kong si Kera Sakti yang nakal dan kocak saja.
  2. Tempat Pemujaan Kyai Juru Mudi, berupa makam juru mudi kapal yang ditumpangi Laksamana Zheng He.
  3. Tempat Pemujaan Sam Poo Kongberupa arca. Tempat Pemujaan Sam Poo Kong merupakan pusat seluruh kegiatan dalam komplek Gedung Batu digunakan untuk bersembayang memohon doa restu keselamatan, kesehatan, serta mengenang jasa Sam Poo Tay Djien dengan mengadakan sembayangan. Di tempat ini ada goa yang mempunyai sumber air yang sering digunakan untuk mengobati keluarga yang sakit.
  4. Tempat Pemujaan Kyai Jangkar.
  5. Tempat Pemujaan Kyai Cundrik Bumi, Tempat ini merupakan tempat penyimpanan pusaka atau senjata pada jaman Sam Poo Kong.
  6. Tempat Pemujaan Kyai & Nyi Tumpeng. Tempat ini berupa prasasti dalam bentuk makam yang digunakan untuk bersemedi atau memohon berkah serta menempa diri.
Untuk berkunjung ke Klenteng Sam Poo Kong tidak dipungut biaya alias gratis Bin ora mbayar dalam bahasa jawa disebut Free.

Related Posts:

Klik Iklan