Gereja Blenduk

Gereja Blenduk merupakan sebuah greja tertua di kota Semarang, bahkan usia gereja ini bisa disebut tertua di Popinsi Jawa Tengah. Gereja Blenduk ini dibangun oleh masyarakat Belanda yang tinggal di kota Semarang pada tahun 1753. Dengan bentuk heksagonal atau persegi delapan. Gereja Blenduk ini sesungguhnya bernama GPIB Imanuel yang terletak di Jl. Letjend Suprapto 32 Semarang.

Kubah Gereja Blenduk Semarang yang besar tersebut terbuat dari lapisan perunggu dan didalamnya terdapat orgel barok Arsistektur didalamnya dibuat berdasarkan salib Yunani.

Gereja Blenduk ini direnovasi pada tahun 1984 oleh W. Wesmaast H. P. A De Wilde  yang menambahkan dua menara diepan gedung ini.

Nama Blenduk adalah julukan dari masyarakat setempat yang mempunyai arti kubah. Gereja Blenduk ini sampai sekarang masih digunakan ibadah umat kristiani. 

Yang menambah asyik jika kita berkunjung ditempat ini adalah, bangunan sekitar Greja Blenduk masih asli bangunan kono peninggalan kolonial Belanda. Serasa hidup di masa penjajahan kolonial Belanda.

Related Posts:

Klik Iklan