Wingko Babat

WINGKO BABAT. Wingko atau lebih kondangnya dengan nama Wingko Babat adalah salah satu dari sekian banyak jenis makanan  Tradisional Indonesia khas Kota Semarang.

Wingko Babat adalah sejenis kue yang terbuat dari bahan kelapa dan lainnya. Kue Wingko babat ini sangat terkenal di Pantai Utara Pulau Jawa khususnya kota Semarang. Kue Wingko dengan rasa yang khas ini sering kita jumpai pada Stasiun kereta, Terminal Bus, Toko kue dan penjual makanan khas daerah. Kue ini identik dengan Oleh-oleh sehingga menjadikan Kue Wingko Babat ini semakin terkenal.

Wingko Babat Khas kota Semarang memang di kenal sebagai kue Winggko dengan citra rasa yang khas, sehingga banyak orang mengira bahwa kue Wingko ini berasal dari kota Semarang, padahal asal Wingko Babat sendiri dari Dusun Babat, dusun kecil didaerah Lamongan Jawa Timur. Desa ini terletak di dekat Bojonegoro yang terkenal akan kayunya dan baru-baru ini di tempat ini ditemukan Sumber Minyak yang ikut serta mempopulerkan namanya.


Saat ini Wingko Babat adalah makanan khas yang terkenal di Kota Semarang.dengan banyak merek yang beredar dipasaran. Di kota Semarang anda bisa mendapatkan Wingko Babat ini di Daerah. Jl. MT. Haryono, Jl. Pandanaran, stasiun dan terminal Bus dengan harga yang berfareasi.

Media Semarang Lampirkan juga resep Wingko Babat ini bagi yang punya hobby memasak silahkan dicoba...!!!

Bahan:
Tepung kanji 50 g
Tepung ketan 500 g
Gula pasir 350 g
Santan kental dari 1 butir kelapa 250 ml
Kelapa setengah tua, kupas, parut memanjang 350 g
Margarin 1 sdm
Pasta vanili/vanili bubuk ¼ sdt
Daun pisang/kertas minyak untuk alas
Daun pandan, simpulkan 1 lembar
Garam halus ½ sdt
Olesan, aduk rata:
Kuning telur 2 butir
Margain ½ sdm

Cara Membuat:
  1. Didihkan santan, gula pasir, garam dan daun pandan. Rebus hingga mendidih dan tekstur agak mengental.
    Di tempat terpisah, campur tepung ketan, tepung kanji, kelapa parut, margarin dan vanili, aduk rata. Tambahkan rebusan santan sedikit demi sedikit sambil terus diaduk-aduk hingga kalis dan berminyak.
    Siapkan loyang yang sudah dialasi dengan daun pisang atau kertas minyak. Tuang adonan wingko, ratakan.
    Panggan di dalam oven bertemperatur 160oC selama 20 menit, keluarkan kue dari oven, olesi permukaanya dengan bahan olesan. Panggang kembali kue selama 25 menit atau hingga kue matang dan berwarna kuning kecokelatan. Angkat, dinginkan. Potong-potong kue, bungkus dengan plastik mika atau kertas minyak. tata rapi pada piring yang telah dihias, dan Wingko Babat pun telah siap disajikan Untuk ± 20 Potong

Tip: Untuk variasi rasa dan menghendaki wingko berwarna cokelat, tambahkan 2 sdt pasta cokelat dan 2 sdm bubuk cokelat ke dalam adonan wingko. Memotong wingko sebaiknya saat adonan sudah dingin agar bentuk potongan bagus.

Related Posts:

Klik Iklan