Sesaji Rewanda

Sesaji Rewanda adalah salah satu Upacara adat Semarang yang dilakukan di Tempat Wisata Goa Kreo


Upacaea adat Sesaji Rewanda ini biasanya dilaksanakan masyarakat sekitar Goa Kreo yaitu kampung Talun Kacang Kelurahan Kandri Kecamatan Gunung Pati Semarang pada tanggal 3 Syawal. Umumnya Cara ritual adat ini dimulai dengan karnaval dengan start di depan Masjid Al-Mabrur menuju ke area Wisata Goa kreo Semarang.



Arak-arakan karnaval pada upacara adat ini terdiri dari Manggolodo, pembawa spanduk, pembawa umbul-umbul dengan empat warna (merah, putih, kuning, hitam), pembawa bunga manggar, pembawa kayu jati, para santri pembawa tumpeng sesaji, pager ayu, pager bagus dan penari Gado-gado Semarang.


Sesampai di halaman Goa kreo diadakan penyerahan tumpeng sesaji yang dilakukan oleh juru kunci kepada Rawenda baik yang masih hidup atau yang sudah mati (roh/leluhur). Kemudian para santri naik kepuncak untuk membaca tahlil bersamauntuk memohon kepada Tuhan Yang Maha Esa agar para karyawan, masyarakat Talon Kacang dan para pengunjung diberkahi keselamatan, panjang umur, rejeki halal dan dijauhkan dari segala bencana.

Inilah sedikit cerita tentang Sesaji Rewanda yang merupakan salah satu budaya Kota Semarang. Upacara adat tersebut biasanya dilakukan di Area Wisata Goa Kreo Semarang. Untuk lebih mengetahui tentang Wisata Goa Kreo Semarang silahkan Klik disini.





Related Posts:

Klik Iklan