Nyeri Punggung

Banyak sekali kelihan Nyeri Punggung yang dialami seseorang, dan keluhan ini semakin terasa nyeri atau memberat pada saat bangun tidur. Apakah anda pernah marasakan hal yang sama  "Nyeri Punggung"?

Keluhan ini biasanya paling sering dirasakan oleh orang lanjut usia, tetapi terkadang ada juga remaja yang mengeluhkan Nyeri Punggung ini. Apa penyebabnya ?

Terhindar dari Nyeri Punggung Setiap Bangun Tidur
Sebenarnya sakit pada punggung sebagian besar disebabkan oleh nyeri otot dan penyebab lainnya yang biasa adalah tulang belakang sendiri, sayarafnya atau adanya infeksi dan sebagainya.


Beberapa penyebab nyeri punggung antara lain : 
  1. Kelainan bentuk tulang punggung. Seperti, tulang punggung yang membengkok seperti skoliosis, lordosis, atau kyposis ini biasanya terjadi karena kelainan genetik.
  2. Kegemukan. Karena fungsi tulang punggung untuk menyangga badan bekerja terlalu ekstra, menyangga  berat badan yang over.
  3. Mengangkat benda berat secara berulang-ulang dan berlebihan.
  4. Tempat tidur yang digunakan terlalu lunak atau terlalu keras.

Kemudian pada orang yang sudah tua juga perlu diperhatikan adanya proses penuaan pada semua organ, termasuk tulang dan otot punggung tadi. Biasanya pada orang tua banyak sekali kasus nyeri punggung akibat penurunan fungsi dari bantalan tulang atau Discus Intervertebralis.

Normalnya, Discus ini berfungsi untuk meredam beban atau sebagai bantalan tulang punggung, tetapi pada orang tua akan mengalami penurunan fungsi  akibat berkurangnya kemampuan discus tadi untuk menyerap air. Akhirnya discus tadi akan menipis dan akan menonjol akibat beban tulang punggung, sehingga akan menjepit syaraf yang berada disekitarnya. Hal inilah yang sering menjadi penyebab nyeri tulang punggung pada orang tua.

Solusi Jangka Pendek mengatasi Nyeri Tulang Punggung
Sebaiknya pada orangtua yang sudah lanjut usia harus memperbanyak olahraga, karena dengan olahraga akan meningkatkan daya tahan tubuh serta menghindari dari penyakit degeneratif timbul. Tapi perlu diketahui, bahwa tidak semua olahraga cocok dan baik untuk Lansia dan salah satu olahraga yang paling tepat untuk lansia adalah jalan cepat  dengan kecepatan yang disesuaikan dengan kemampuan. Apabila olahraga tersebut dilaksanakan secara teratur maka akan membuat otot punggung menjadi lebih kuat dan akan membuat punggung menjadi stabil. Kemudian olahraga lain yang cocok adalah senam, khususnya gerakan yang banyak melibatkan otot punggung.

Sedangkan untuk para remaja, keluhan ini biasanya disebabkan karena otot punggung. Jadi salah satu soslusinya adalah lebih memperbanyak olahraga. jika keluhan belum mereda, alangkah lebih baik untuk segera memeriksakan ke dokter, karena keluhan nyeri punggung bisa saja bukan berasal dari punggung. melainkan berasal dari tempat lain.

Related Posts:

Klik Iklan