Kurang Tidur Bikin Hidup "HANCUR"

Tidur merupakan istirahat yang terbaik bagi tubuh kita. Jika seseorang kurang tidur, berarti bukan rasa lelah yang di peroleh, sejumlah dampak-dampak negatif dan penyakit pun berulang menghampirinya. Yang lebih parah lagi hidup pun bisa hancur, Mengapa ?

Ketika anda memiliki kualitas tidur baik, maka segala aktifitas tubuh dan kehidupan sehari-hari anda akan berjalan dengan lancar. Sebaliknya, jika kualitas tidur anda buruk, berbagai efek negatif akan muncul. Inilah dampak buruk yang bisa anda alami jika waktu tidur anda kurang dari 7-9 jam per hari. Adapun dampak dari kurang tidur tersebut antara lain :

1. Hasrat Ngemil Makanan Berlemak Meningkat
Kurang tidur bisa menghilangkan dan melenyapkan hormon yang mengatur nafsu makan. Akibatnya, keinginan menyantap makanan berlemak dan makanan berkarbohidrat akan meningkat sehingga menyebabkan anda menginginkan asupan kalori tinggi. Jika selama 2 malam kualitas tidur anda kurang akan menyebabkan anda memiliki rasa lapar yang berlebihan. Kondisi ini terjadi karena merangsang hormon gherlin penambah nafsu makan, dan mengurangi hormon leptin sebagai penekan nafsu makan.

2. Antibodi Menjadi lemah
Berdasarkan Study JAMA, mereka yang tidur kurang dari 7 jam perhari bisa lebih rentan mengalami rasa dingin. Penelitian lain menemukan, pada pria yang urang tidur akan mengalami kegagalan untuk menjaga respon imun atau kekebalan tubuh secara normal menerima suntikan flu.

Mereka yang kurang tidur, antibodi yang bekerja setelah dilakukan vaksinasi hanya bisa bertahan paling lama 10 hari. Kondisi tersebut sangat berbahaya. Karena itu perbaikilah kualitas tidur anda.

3. Rentan Terserang Diabetes
Gula adalah bahan bakar setiap sel didalam tubuh, jika proses pengolahannya terganggu bisa menyebabkan sebuah efek buruk. Dalam penelitian yang dilakukan Universitas Chicago, AS, yang meneliti sejumlah orang selama 6 hari, mendapatkan kondisi ini bisa mengembangkan resistansi terhadap insulin, yakni hormon yang membantu mengangkut glokusa dari aliran darah ke sel.

4. Stres Meningkat
Menutup mada kurang dari 7 jam per hari bisa meningkatkan produksi kortisol atau hormon stres. Bahkan pada sore dan malam hari dapat meningkatkan denyut jantung, tekanan darah dan glokusa darah. Sehingga bisa memicu terjadinya hipertensi, dan diabetes tipe 2.

5. Memicu Rasa Gelisah
Rasa Gelisah setiap malam pasti akan terus dan terus menghantui mereka yang memiliki kualitas tidur yang  buruk. Reaksi tubuhpun bisa menurun. Yang lebih kronis, perasaan bahagia tidak akan menghampiri hidup mereka yang kurang tidur.

6. Tampak Lebih Tua
Mereka yang kurang tidur biasanya memiliki kulit yang pucat dan wajah lelah. Lebih buruk lagi, peningkatan kadar kortisol yang memicu terjadinya keriput. Sehingga orang yang kurang tidur akan kelihatan lebih cepat tua biarpun usianya masih muda.

7. Berbagai Rasa Sakit bisa Timbul
Tidaklah mengherankan sakit kronis seperti masalah Sakit Punggung atau arthritis bisa saja terjadi bila anda melakukan aktifitas tidur sehari hari buruk.

8. Resiko Kanker Lebih Tinggu
Olahraga membantu pencegahan dari serangan berbahaya Kanker, tapi terlalu sedikit beristirahat "tidur" dapat merusak efek perlindungannya.

Kualitas tidur yang buruk dapat menyebabkan gangguan metabolisme hormonal dan bisa menghapus manfaat olahraga.

Related Posts:

Klik Iklan