"Tindihan" Bukan Karena Ditindih Syetan


Pernah Anda Tindihan ? Terjaga dari tidur, tapi sulit bergerak, ataupun teriak ? Inilah yang dikalangan orang Jawa disebut "Ketindihan" atau sering diasumsikan Ditindih makhluk halus. Tapi jangan kuwatir. Anda tidak sedang diganggu mahkluk halus. Silahkan Simak. Penjelasan Tindihan secara ilmiahna...!!! 

Pada saat mengalami "Ketindihan" ini biasanya kita akan sulit sekali bergerak dan kemudian akan ada sedikit rasa dingin menjalar di ujung kekai ke seluruh tubuh. Untuk bisa bangun satu-satunya ara adalah menggerakkan ujung kaki, ujung tangan atau kepala sekencang-kencangnya hingga seluruh tubuh bisa digerakkan kembali.

Menurut medis, keadaan ketika orang akan tidur atau bangun dri tidur merasa sesak napas seperti dicekik, dada sesak, badan sulit bergerak dan sulit berteriak diebut sleep paralys alias tidur lumpuh (karena tubuh tak bisa bergerak dan terasa lumpuh). Hampir setiap orang pernah mengalaminya setidaknya sekali atau dua kali dalam  hidupnya.

Sleep paralys bisa terjadi pada siapa saja, lelaki atau perempuan. Dan usia kali pertama orang mengalami gangngguan tidur "Ketindihan" ini rata-rata 14-17 tahun.

Sleep paralys alias "Tindihan" ini emang bisa berlangsung dalam hitungan detik bahkan menit. Yang menarik saat Tindihan terjadi, kita sering mengalami halusinasi seperti melihat sesosok atau bayangan hitam disekitar tempat tidur. Tak heran fenomena ini pun sering dikaitkan dengan hal mistis. 

Di dunia barat fenomena "tindihan" sering disebut mimpi buruk inkubus atau old hag. Berdasarkan bentuk bayangan yang muncul. Ada juga yang merasa melihat agen rahasia asing atau alien. Sementara dibeberapa lukisan abad pertengahan, "tindihan" digambarkan dengan sesosok roh jahat menduduki dada perempuan hingga dia ketakutan dan sulit bernafas.

Kurang Tidur

Menurut Al Cheyne, peneliti dari Universitas Waterloo, Kanada, sleep paralys adalah sejenis halusinasi karena adanya malfungsi tidur di tahap rapid eye movement (REM).

Sebaai pengetahuan, berdasarkan gelombang otak, tidur terbagi dalam 4 tahapan tidur paling ringan (kita masih setengah sadar), tahap tidur yang lebih dalam dan tahap REM. Pada tahap inilah mimpi terjadi. Saat kondisi tubuh terlalu lelah atau kurang tidur, gelombang otak tidak mengikuti tahapan tidur paling ringan tetapi langsung melompat ke REM. Ketika otak mendadak terbangun dari tahapan REM tapi tubuh belum. Disinilah sleep paralys terjadi. Kita merasa sangat sadar, tetapi tubuh tak bisa bergerak. Ditambah lagi munclnya halusinasi muncul sosok lain yang sebenarnya itu merupakan cirikas dari mimpi.

Selain itu, sleep paralys juga bisa disebabkan oleh sesuatu yang tidak dapat dikontrol. Akbatnya, muncul stress dan terbawa dalam mimpi. Linkungan kerja pun ikut berpengaruh. Misalnya, anda bekerja dalam sift, sehingga kekurangan tidur atau pola tidur yang tidak teratur.

Perlu Diwaspadai

Meski biasa terjadi, gangguan tidur ini patut diwaspadai. Pasalnya, sleep paralys "Tindihan" merupakan sebuah pertanda (Serangan tidur mendadak tanpa adany tnda-tanda ngantuk), sleep apnea (mendengkur), kecemasan atau depresi. Jika and sering mengalami gangguan tidur ini sebaiknya buat ctatan mengenai pola tidur anda selama bebrapa pekan. Ingat kurang tidur tidak boleh dianggap enteng, jika sudah menimbulkan sleep paralys kondisi berarti sudah dalam tahapan berat. Segera evaluasi diri dn cukupi kebutuhan tidur. Usahakan tidur 8-10 jm pada jam yang saa disetiap hari.

Mau tau nama-nama Mitos Tindihan Dinegara Lain...??? Silahkan Klik DISINI

Related Posts:

Klik Iklan