Museum Jawa Tengah Ronggowarsito

Museum Jawa Tengah Ronggowarsito, Tempat wisata penambah wawasan budaya dan sejarah. Museum ini termasuk museum provinsi terbesar di Indonesia dalam jumlah koleksi dan keluasan. Museum Ronggowarsito terletak di jalan Abdulrahman Saleh Nomor 1 Semarang, persis sebelah bundaran Kalibanteng. Terletak dekat bandra Ahmad Yani, dan hanya 4 km dari pusat kota kearah barat.


Museum Ronggowarsito selain sebagai tempat wisata  dan sejarah. Museum ini uga mempunyai visi "Bangga Peduli Budaya" yang berarti bangga mengurusi beragam warisan budaya dan perwujudan lain dari ekspresi budaya. Selain itu, museum ini juga mempunyai dua misi, yaitu "Meningkatkan apresiasi budaya dan meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap Budaya"

Museum Jawa Tengah Ronggowarsito merupakan museum umum yang mengoleksi beragam artefak yang sebagian besar ditemukan di provinsi Jawa Tengah dan berasal dari kurun waktu prasejarah hingga masa sekarang. Arsitektur bangunan ini merupakan kombinasi arsitektur traisional bergaya "Joglo" dan arsitektur modern. Dibangun diatas tanah seluas 1,8 ha. Museum Jawa Tengah Ronggowarsito terdiri dari 4 gedung ruang pamer tetap, masing-masing berlantai 2, auditorium, laboratoriu, perpustakaan, ruang administrasi, pendopo dan tempat penyimpanan koleksi.

Untuk masuk dan menikmati ragam koleksi Museum Jawa Tengah Ronggowarsito yang dibuka setiap hari Senin-Minggu pukul 08.00-14.00 WIB, pengunjung diharuskan membeli tiket hanya Rp.1.000,- per orang (anak-anak) dan Rp. 2.000,- untuk orang dewasa. Tiket dapat dibeli langsung pada saat kunjungan atau melalui pemberitahuan terlebih dahulu yang dilengkapi dengan tanggal, hari dan jam kunjungan serta jumlah anggota rombongan dan perlu atau tidaknya panduan kunjungan melaui costumer's request di telp/fax : (024) 760238 atau email : cs@museumronggowarsito.org.

Related Posts:

Klik Iklan