Melatih Disiplin Anak Sejak Dini

Melatih anak menjadi pribadi disiplin memang bukan pekejaan uang mudah. Namun, bukan berarti pula tidak dapat dilakukan. Kuncinya hanya satu, bersabar ketika anak mulai dalam proses pembelajara dan jangan mudah mengintervensi tindakan hanya karena "Anda melihat dia gemas karena tidak mampu" mengemban tugas yang telah anda berikan.

Masih kebingunan seperti apa Melatih Kedisiplinan yang baik bagi anak, cobalah Tips berikut ini :


1. Biarkan Si Kecil Malakukan Caranya Sendiri
Jangan paksakan ia mengerjakan sesuatu berdasarkan cara yang anda kehendaki. Namun, biarkan dia menemukan caranya sendiri. Misalnya, ketika anda ingin dia membereskan mainan yang berantakan di ruang keluarga. Biarkan dia menata mainan tersebut dengan caranya sendiri walaupun bertolak belakang dengan kemauan dan kebiasaan anda sendiri, berbesar hatilah. Sebab jika anda merapikan mainan yang telah dia susun, hal itu malah menimbulkan rasa tak percaya diri pada diri anak anda. Dia akan merasa apa yang telah dia kerjakan salah. Dan pada kesempatan berikutnya ia akan lebih memilih membiarkan mainannya daripada merapikannya,

2. Berikan Tanggungjawab
Sejak kecil coba tanamkan esensi sebuah pekerjaan pada dirinya. seperti marapikan mainan sebelum tidur, menyiram tanaman pada sore hari atau menggosok gigi setelah makan. Melelui kebiasaan-kebiasaan kecil tersebit si kecil agan mulai sigap membantu banyak hal dan pada akhirnya malah membuat anda takjub sendir.

3. Ajarkan Komitmen
Jika si kecil sudah mendapat bagian tertentu, seperti membereskan mainan, membereskan buku-bukunya, jangan rubah hal itu karena anda merasa kasihan. Sekecil apapun tugas yang anda berikan hal itu adalah tanggung jawabnya.

4. Perbolehkan Memelihara Hewan
Kebiasaan anak "Apalagi anak tunggal" mempunyai ego sangat besar hingga akhirnya tidak peduli pada lingkungan sekitarnya. Binatang peliharaan akan menyadarkan mereka bahwa ada hal lain diluar diri mereka tang harus dipedulikan. Dengan memelihara binatang anak akan belajar bertanggungjawab pada banyak hal. Seperti, Memberi makan, memandikan dan mengajak jalan-jalan. Seiring engan berjalannya waktu. Otomatis sikap mereka yang self-oriented akan memudar. Satu hal lagi anak adalah peniru yang ulung.

5. Ciptakan Rutinitas
Si kecil kerap menyanyikan sesuatu berulang-ulang atau meminta dibacakan buku cerita berkali-kali. Ini memang sedang waktunya. Pada usia dini, anak-anak memang senang dengan pola repeitif. Oleh karena itu, terapkan hal ini alam menciptakan disiplin. Buatlah Jam teratur atau Hadwal mengenai, makan, mandi tidur siang, bermain dan tidur malam.

6. Hargai usaha Mereka
Berpikirlah positif dan hargailah tindakan yang anak anda lakukan. Sebab, pada usia mereka tidaklah mudah melakukan sesuatu sesempurna orang dewasa. Jadi, sesederhana apapun tindakan yang berhasil mereka capai berikanlah penghargaan. salah satunya berupa pujian.

Demikainlah beberapa Tips Melatih Disiplin anak Sejak Dini. Semoga bermanfaat bagi para pembaca sekalian.

Related Posts:

Klik Iklan